asal usul kerajaan singasari

ASAL USUL KERAJAAN SINGASARI / SINGOSARI

kerajaan singasari
kerajaan singasari

kerajaan singasari – Indonesia memang maha kaya, khususnya tentang kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia. Banggalah kita menjadi bagian dari Negara Indonesia karena nenek moyang kita merupakan pelaku sejarah hingga terbentukya Negara Indonesia. Karena dijaman dulu sebelum terbentuk Negara republik Indonesia ada banyak sekali kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia, untuk kali ini saya mencoba menggali tentang asal usul kerajaan singasari/singosari.

Untuk kita warga jawa timur khususnya warga malang, kalau kita menyebut kata singosari pasti pikiran kita sudah tertuju pada suatu tempat di utara kota malang yaitu kecamatan singosari. Kecamatan singosari sendiri ikut kabupten malang jawa timur. Kalau kita sering melakukan perjalanan dari kota Surabaya ke kota malang pasti kita akan melewati daerah singosari ini. Ketika melewati kecamatan singosari ini pikiran kita pasti teringat akan pelajaran sejarah tentang kerajaan singasari/singosari.

Cerita tentang kerjaan singasari/singosari memang terjadi didaerah tersebut yaitu di kecamatan singosari, hal ini dengan ditandainya dengan beberapa peninggalan candi, arca dan petilasan-petilasan yang ada di daerah tersebut.

Singosari pada saat itu hanyalah sebuah kabupaten dibawah kekuasan kerajaan Kediri yang dipimpin oleh raja kertajaya, pada saat itu singosari dipimpin seorang akuwu (kalau sekarang setingkat bupati) yang bernama akuwu tunggul ametung dan mempunyai istri yang sangat cantik bernama kendedes.

Di daerah sini juga hidup seorang bromocorah (kalau sekarang mungkin bisa disebut preman), bromocorah/preman tersebut bernama Ken arok, Ken Arok sendiri sangat ditakuti oleh penduduk didaerah tersebut pada waktu itu. Sampai akhirnya ken arok sendiri berhenti menjadi preman setelah bertemu seorang empu (penasehat), setelah berhenti jadi preman ken arok melamar untuk menjadi prajurit di kadipaten (kabupaten) dan diterima sebagai prajurit dikadipaten singosari. Ken arok mempunyai  tugas mengalawal kendedes (istri dari akuwu tunggul ametung).

Suatu ketika dalam menjalankan tugasnya yaitu mengawal kendedes kesuatu tempat, ken arok mulai terpikat terhadap istri akuwu tunggul ametung yang sangat cantik ini apalagi pada waktu itu ketika kendedes turun dari kereta kencana pakain dari kendedes ini tertiup angin dan tersingkaplah betis dari kendedes dan anehnya betis dari kendedes ini memancarkan sebuah sinar/cahaya. Untuk mengobati rasa penasarannya kenapa betis kendedes sampai mengelurkan sinar/cahaya, bertanyalah ken arok pada sang guru penasehatnya tentang kejadian waktu itu. Dan oleh sang guru di jawab bahwa perempuan itu (kendedes) adalah perempuan yang bakal melahirkan raja-raja, setelah mendengar penjelasan dari sang guru penasehat timbul keinginan yang kuat dari ken arok untuk memperistri kendedes.

Karena keinginannya yang kuat untuk memperistri kendedes tersebut, ken arok merencanakan pembunuhan terhadap akuwu tunggul ametung (suami dari kendedes). Untuk membunuh seorang akuhu tunggul ametung ken arok memesan keris sakti kepeda seorang empu(pembuat keris) yang tersohor yang bernama empu gandring.  Untuk membuat keras sakti empu gandring memerlukan waktu yang lama. karena sudah ngebet ingin memperistri kendedes, ken arok menyuruh empu gandring untuk mempercepat penyelesain pembuatan kerisnya. Setiap datang ke tempat empu gandring keris tak kunjung selesai juga. Karena jengkel belum selasai keris saktinya maka direbutlah keris sakti tersebut dari tangan sang pembut keris oleh ken arok meskipun belum selasai pembuatannya. Ternyata tidak sampai disini sang empu pembuat keris juga dibunuh oleh ken arok dengan keris tersebut, namun sebelum empu gandring menghembuskan nafas terkhirnya sang empu mengeluarkan kutukankepada  ken arok bahwa dia bakalan mati dikeris tersebut sampai tujuh turunannya.

Setalah mendapatkan keris sakti buatan empu gandring tersebut ken arok berhasil membunuh akuwu tunggul ametung dan mengambil alih kepemimpinannya di kadipaten singosari. Tentunya dengan terbunuhnya akuwu tunggul ametung maka kendedes pun dapat dijadikan permaisurinya juga. Dibawah kepemimpinan ken arok kadipaten singosari berkempang dengan pesat.

Disaat sedang berkembangnya kadipaten singosari dipusat pemirantahan kerajaan Kediri sedang bergejolak yaitu terjadi pertikaian antara kaum brahmana dengan raja Kediri  sehingga kaum brahmana minta perlindungan kepeda ken arok. Melihat situasi tersebut ken arok sangat senang untuk mewujudkannya cita-citanya yaitu keluar dari cengkeraman kerajaan kediri, dengan pasukannya dan menggandeng kaum brahmana untuk menyerang kerajaan Kediri yang selama ini menguasai kadipaten singosari.

 Maka terjadilah peperangan tersebut dengan terbunuhnya raja Kediri oleh pasukan ken arok dengan bantuan kaum brahmana. Karena berhasil membunuh raja Kediri maka ken arok diangkat jadi raja menggantikan raja kertajaya yang terbunuh. Karena cintanya sama singosari maka pusat pemerintah dipindah ke singosari maka jadilah singosari menjadi suatu kerajaan dan sebaliknya kerjaan Kediri menjadi sebuah kadipaten yang dipimpin oleh seorang akuwu. Dan dibawah kepemimpinan ken arok kerjaan singasari/singosari berkembang sangat pesat.

Demikianlah sekdikit cerita tentang asal usul kerajaan singasari/singosari, lalu bagaimana dengan kutukan sang pembuat keris sakti empu gandring. Untuk mengetahuinya kita tunggu artikel berikutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *